Kamis, 21 Maret 2013

Analisis usaha keripik Maicih



Pengantar Mamajemen
Analisis
1.       Lingkungan apa saja yang dapat mempengaruhi atau tidak dapat mempengaruhi pada usaha keripik maicih?
·         Faktor keingintahuan masyarakat akan cita rasa dari keripik maicih yang di kabarkan memiliki level yang berbeda membuat masyarakat ingin mencicipi keripik tersebut.
·         Faktor persaingan. Adanya pesaing yang bermunculan seperti keripik Karuhun yang saat ini mulai di perkenalkan kepada masyarakat.
·         Lingkungan lokasi penjualan keripik maicih di pengaruhi oleh faktor ekonomi, karena jika lokasi penjualan tersebut masyarakat sekitar memiliki pendapatan rendah maka otomatis hanya segelintir masyarakat yang akan mengonsumsi keripik maicih, mengingat harga yang harus merogoh kocek lumayan dalam dengan hanya mendapatkan sekian gram keripik singkong tersebut. Namun sebaliknya apabila masyarakat sekitar berpendapatan menengah sampai tinggi mereka mungkin saja akan mengkonsumsi keripik tersebut meskipun dengan harga yang tidak murah.
2.       Peluang-peluang dan ancaman apa saja yang dapat mempengaruhi usaha tersebut ?
1.       Peluang:
·         Dapat membuka lapangan kerka untuk masyarakat yang ingin bekerja pada perusahaan keripik maicih tersebut, sehingga semakin lama perusahaan keripik maicih tersebut akan memiliki banyak member.
·         Selain memproduksi keripik singkong maicih, saat ini perusahaan tersebut mulai merambat untuk menjual bakso goreng pedas dan aneka macam snack, yang menyebabkan daya jual semakin meningkat sehingga sangat menguntungkan perusahaan keripik tersebut.
2.       Ancaman :
·         Saat ini mulai banyak pesaing yang meniru akan produk yang di produksi perusahaan keripik maicih. Contohnya saja banyak sekali di toko-toko sekitar yang menjual keripik singkong pedas dengan harga yang relatif murah sekitar Rp 1000-Rp2000 yang sangat mirip dengan keripik maicih walaupun mereknya berbeda, sehingga kini ada masyarakat yang beralih untuk mengkonsumsi keripik tersebut dari pada keripik maicih. Bisa di sebut juga dengan barang pengganti.
·         Karena Keripik maicih terbuat dari bahan singkong yang di bentuk sedemikian rupa menjadim keripikm pedas, maka proses penjualan relatif harus berjalan dengan cepat karena di khawatirkan jika keripik tersebut tidak di beli dengan waktu beberapa hari maka keripik maicih tersebut akan menjadi tidak garing dan berbau apek yang menyebabkan menurunnya daya jual perusahaan tersebut dan memberi pengaruh buruk pada perusahaan tersebut.
3.       Kekuatan dan kelemahan usaha tersebut
·         Kekuatan:
Proses penjualan dari keripik maicih menggunakan media kendaraan yaitu mobil. Sehingga tidak perlu repot-repotuntuk menyewa atau membeli toko.


·         Kelemahan:
Harga yang relatif mahal untuk masyarakat berpendapatan rendah membuat mereka mencari barang pengganti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar