Pengantar Mamajemen
Analisis
1. Lingkungan apa saja yang dapat mempengaruhi atau tidak dapat
mempengaruhi pada usaha keripik maicih?
·
Faktor keingintahuan masyarakat
akan cita rasa dari keripik maicih yang di kabarkan memiliki level yang berbeda
membuat masyarakat ingin mencicipi keripik tersebut.
·
Faktor persaingan. Adanya pesaing
yang bermunculan seperti keripik Karuhun yang saat ini mulai di perkenalkan
kepada masyarakat.
·
Lingkungan lokasi penjualan
keripik maicih di pengaruhi oleh faktor ekonomi, karena jika lokasi penjualan
tersebut masyarakat sekitar memiliki pendapatan rendah maka otomatis hanya
segelintir masyarakat yang akan mengonsumsi keripik maicih, mengingat harga
yang harus merogoh kocek lumayan dalam dengan hanya mendapatkan sekian gram
keripik singkong tersebut. Namun sebaliknya apabila masyarakat sekitar
berpendapatan menengah sampai tinggi mereka mungkin saja akan mengkonsumsi
keripik tersebut meskipun dengan harga yang tidak murah.
2. Peluang-peluang dan ancaman apa saja yang dapat mempengaruhi usaha
tersebut ?
1.
Peluang:
·
Dapat membuka lapangan kerka untuk
masyarakat yang ingin bekerja pada perusahaan keripik maicih tersebut, sehingga
semakin lama perusahaan keripik maicih tersebut akan memiliki banyak member.
·
Selain memproduksi keripik singkong
maicih, saat ini perusahaan tersebut mulai merambat untuk menjual bakso goreng
pedas dan aneka macam snack, yang menyebabkan daya jual semakin meningkat
sehingga sangat menguntungkan perusahaan keripik tersebut.
2.
Ancaman :
·
Saat ini mulai banyak pesaing yang
meniru akan produk yang di produksi perusahaan keripik maicih. Contohnya saja
banyak sekali di toko-toko sekitar yang menjual keripik singkong pedas dengan
harga yang relatif murah sekitar Rp 1000-Rp2000 yang sangat mirip dengan
keripik maicih walaupun mereknya berbeda, sehingga kini ada masyarakat yang
beralih untuk mengkonsumsi keripik tersebut dari pada keripik maicih. Bisa di
sebut juga dengan barang pengganti.
·
Karena Keripik maicih terbuat dari
bahan singkong yang di bentuk sedemikian rupa menjadim keripikm pedas, maka
proses penjualan relatif harus berjalan dengan cepat karena di khawatirkan jika
keripik tersebut tidak di beli dengan waktu beberapa hari maka keripik maicih
tersebut akan menjadi tidak garing dan berbau apek yang menyebabkan menurunnya
daya jual perusahaan tersebut dan memberi pengaruh buruk pada perusahaan
tersebut.
3.
Kekuatan dan kelemahan usaha
tersebut
·
Kekuatan:
Proses penjualan dari keripik maicih
menggunakan media kendaraan yaitu mobil. Sehingga tidak perlu repot-repotuntuk
menyewa atau membeli toko.
·
Kelemahan:
Harga yang relatif mahal untuk
masyarakat berpendapatan rendah membuat mereka mencari barang pengganti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar